Pemenang dari kategori BEST CHOICE merupakan peserta pameran ON-SITE dengan jumlah vote terbanyak dan menjadi favorit dari masyarakat umum.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Devika Tanuwidjaja
Studi Komparasi Teori dan Praktik Penyusunan Strategi Aktivasi Media Sosial Nuansa Concept
Nuansa Concept merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang event conceptor and styling, dimana jasa yang ditawarkan ini masih terbilang jarang diketahui oleh target audience. Hal ini menjadi salah satu tujuan dari Nuansa Concept, yaitu meningkatkan awareness di benak target audience tentang Nuansa Concept sebagai event conceptor and styling. Strategi yang digunakan oleh Nuansa Concept adalah strategi aktivasi media sosial Instagram. Strategi aktivasi media sosial yang direncanakan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan dari Nuansa Concept serta harus efektif untuk menarik perhatian target audience. Maka dari itu diperlukan teknik penyusunan yang jelas dalam membuat strategi aktivasi media sosial yang akan dijalankan. Teknik design thinking merupakan teknik penyusunan strategi aktivasi media sosial.Penggunaan metode kualitatif komparasi dan teknik analisis data komparatif dilakukan untuk mengetahui perbandingan langkah-langkah design thinking yang digunakan di teori dengan praktek di Nuansa Concept.
BestChoice
People’s
Choice
Pemenang dari kategori PEOPLE’S CHOICE merupakan peserta pameran ONLINE dengan jumlah vote terbanyak dan menjadi favorit dari masyarakat umum.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Jessica Ivena Halim
Perancangan Visual Branding dan Promosi Brand Ketel
Dikenal sejak lama, berasal dari alam, Ketel ingin menjelaskan bahwa produk tradisional dapat menjadi suatu hal yang terkesan modern. Ketel merupakan usaha online yang menjual minyak kayu putih asal Pulau Buru, Maluku dan berdiri sejak pertengahan tahun 2020. Di maluku, khususnya Pulau Buru, lahan atau kebun tumbuhan minyak kayu putih disebut ketel. Maka dari itu diambillah nama Ketel sebagai nama dari usaha ini. Melalui adanya brand Ketel ini, target audience diharapkan dapat mengenal adanya produk tradisional yang mampu berkembang seiring berjalannya waktu sehingga dapat menggunakan minyak kayu putih sehari-hari tanpa takut dicap kuno oleh masyarakat. Maka, brand Ketel menciptakan visual branding dan promosi melalui media Instagram yang dikemas secara minimalis dan modern, mulai dari label kemasan, gaya desain, elemen desain serta konsep foto produk dengan tagline “Nature’s Warmest Hug Anytime In A Pocket”, yang berarti pelukan dari alam yang dapat digunakan kapanpun dengan praktis.
People'sChoice
Best Of
Graphic
Design
Pemenang dari kategori DIGITAL GRAPHIC merupakan karya dengan problematika yang dijawab dengan jalan keluar berupa penyampaian pesan melalui penyajian gambar yang jelas, unik, dan menarik.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Shania Graceza Pinnata
Perancangan Picture Book Sebagai Alat Bantu Pengajaran Kecerdasan Emosional pada Anak-Anak
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali, menamai, mengekspresikan, dan mengendalikan emosi dengan tepat. Hal ini penting untuk diajarkan selama tahap perkembangan anak karena mempengaruhi relasi, pola perilaku, kemampuan akademik, bahkan kesehatan fisik dan mental. Sebagai tempat pertama terjadinya proses pembelajaran emosi, keluarga memiliki peran yang penting dalam proses tumbuh kembang seorang anak, terutama orang tua. Alhasil, kecerdasan emosional anak-anak dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Namun, pemahaman orang tua mengenai pembelajaran emosi masih kurang sehingga terdapat pandangan yang salah terhadap cara mengatasi emosi. Selain itu, pandemi COVID-19 juga menyebabkan adanya peralihan pola asuh yang dipengaruhi oleh stress. Tujuan perancangan ini adalah untuk menjadikan proses pembelajaran emosi, secara khusus emotions labeling, sebagai proses yang lebih menyenangkan bagi anak-anak maupun orang tua. Picture book dapat membantu orang tua meningkatkan kualitas relasi dengan anak-anak dan membantu anak-anak untuk memperkaya perbendaharaan kata. Dengan itu, anak-anak dapat mengkomunikasikan emosi mereka dengan lebih mudah. Ilustrasi juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anak-anak, mengingat bahwa anak-anak adalah pribadi-pribadi yang visual.
BestofGraphicDesign
Best Of
Brand
Innovation
Pemenang dari kategori BRAND INNOVATION merupakan karya yang menjawab problematika modern dengan inovasi kritis yang teruji keberhasilannya.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Darren Widyaatmadja
Perancangan Inovasi Bisnis Brand Exflo Dari Limbah Floaties (Pelampung) di Bali
Pulau Bali adalah salah satu pulau yang ada di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini membuat masalah sampah di Bali terus meningkat karena tanpa diimbanginya dengan sistem pengolahan sampah yang baik terutama sampah plastik. Floaties (pelampung) merupakan salah satu sampah yang sering dibuang oleh para tempat persewaan floaties di Bali. Tentunya hal ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, karena floaties terbuat dari salah satu plastik yang sulit di daur ulang yaitu PVC (Polyvinyl Chloride). Maka dari itu, brand Exflo ingin memanfaatkan limbah floaties menjadi sebuah produk tas. Koleksi produk tas brand Exflo lebih mengarah kepada anak muda yang menyukai aktifitas diluar ruangan. Brand Exflo sendiri merupakan brand baru dan masih dalam tahap perancangan. Hal ini yang membuat perlu adanya promosi dan pengenalan brand kepada masyarakat. Perancangan ini bertujuan untuk membuat sebuah inovasi bisnis dan mempromosikan produk dari brand Exflo. Melalui perancangan ini, brand Exflo diharapkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan mendapatkan respon yang baik.
BestofBrandInnovation
Best Of
Thesis
Pemenang dari kategori THESIS merupakan karya yang menganalisa sebuah permasalahan di industri kreatif secara mendalam dan menghasilkan solusi yang terbaik.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Sheila Abigail
Perancangan Strategi Branding Stationery tifiti untuk Mendukung Produktivitas
Produktivitas merupakan kemampuan untuk mengelola sumber daya dalam menghasilkan sesuatu. Sayangnya, tingkat produktivitas di Indonesia terhitung cukup rendah. Bahkan, sebagian besar pekerja yang sudah memiliki latar belakang produktif kerap kali mengalami penurunan karena faktor kebosanan. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan stimulus yang mendukung produktivitas berupa stationery. Brand stationery ini dirancang dengan strategi yang berfokus pada brand experience. Perancangan ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Adapun tahapannya yaitu, melakukan wawancara dengan stakeholder, consumer persona untuk mendapatkan consumer insight, dan SWOT kompetitor. Dengan landasan tersebut akan ditemukan brand essence dan brand positioning untuk menjadi landasan terbentuknya brand strategy.
BestofThesis
Best Of
Communnity
Engagement
Pemenang dari kategori COMMUNITY ENGAGEMENT merupakan karya dengan problematika genting yang diatasi dengan cara kreatif serta berhasil membawa dampak positif pada komunitas yang diakomodasi.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Veronica Boni Pamudja
Program Community Engagement Pemberdayaan Komunitas Disabilitas Berbasis Ekonomi “Self Help Group Solo” melalui Pengolahan Limbah Ampas Kopi Menjadi Pewarna Alami Tekstil
Kegiatan meminum kopi yang sekarang sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat di Indonesia, mengakibatkan peningkatan jumlah konsumsi kopi dan kian menjamurnya kedai-kedai kopi. Hal ini tentu juga mengakibatkan peningkatan ampas kopi yang dihasilkan, hingga akhirnya menjadi tumpukan limbah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ternyata menimbulkan dampak berbahaya seperti: membuat tanah di sekitar TPA menjadi semakin asam, merugikan masyarakat sekitar, serta meningkatkan laju pemanasan global. Oleh karena itu, muncullah sebuah solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah ampas kopi dengan cara mengolahnya menjadi pewarna alami tekstil. Solusi ini dapat sekaligus memecahkan permasalahan limbah tekstil yang kerap kali mencemari Sungai Bengawan Solo. Selain itu, program ini memberdayakan komunitas disabilitas berbasis ekonomi Self Help Group Solo, untuk dapat bersama-sama menciptakan produk fungsional berupa outer dan tote bag yang menarik dan memiliki value ramah lingkungan, yang dikemas dalam brand bernama “BAWARNA”. Sehingga produk dari hasil kolaborasi tersebut memiliki potensi untuk dapat dijual dan dapat membantu kaum disabilitas dalam terus berkarya, serta memiliki alternatif lapangan kerja yang mandiri, di samping dari keterbatasan yang mereka miliki.
BestofCommunnityEngagement
Best Of
Campaign
Pemenang dari kategori CAMPAIGN merupakan karya yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang esensial di masyarakat melalui serangkaian tindakan komunikasi, termasuk aspek komunikasi visual serta membawa dampak pada target audiencenya.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Gabriella Marcelina
Perancangan Media Visual "Waktu Hujan Sore Sore" untuk Memperkenalkan Budaya Maluku di Media Sosial
Waktu Hujan Sore Sore adalah sebuah project promosi daerah Maluku yang dijalankan melalui media sosial Instagram. Waktu Hujan Sore Sore bercerita tentang perjalanan seorang perempuan muda bernama Arika untuk mencari informasi tentang tempat asalnya, Maluku. Dalam perjalanannya, turun hujan hingga mengharuskannya untuk menepi di rumah-rumah sekitarnya. Ternyata disanalah perjalanannya dimulai.
Perancangan Waktu Hujan Sore Sore berawal dari keresahan dan pengalaman pribadi tumbuh besar di Kota Ambon, Maluku hingga akhirnya melanjutkan pendidikan di kota lain. Pengalaman hidup merantau memberikan pengetahuan akan betapa “tidak eksis”nya Ambon, Maluku. Memanfaatkan pengaruh media sosial saat ini merupakan kesempatan yang tepat dalam memperkenalkan Maluku.
Melalui Waktu Hujan Sore Sore pula, harapannya generasi muda di Maluku sadar akan pentingnya melestarikan budayanya sendiri, dan mulai memperkenalkan pesona kecantikan Maluku sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia.
BestofCampaign
Best Of
Interactive
Media
Pemenang dari kategori INTERACTIVE MEDIA merupakan karya dengan permasalahan yang berhasil ditangani menggunakan media kreatif serta efektif dalam menjawab kebutuhan target audience.
Kategori LEAP
Research Innovation / Creative
Industry
Internship / Community Engagement
Abraham Emilio
Perancangan Board Game Cerdas Pengelolaan Keuangan untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Anak Muda Usia 18-25 Tahun
Literasi keuangan di Indonesia masih relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain, mengakibatkan banyak orang yang masih belum mengerti tentang cara mengelola keuangan dengan benar. Selama ini, topik keuangan juga dianggap sebagai topik yang berat dan sulit untuk dipelajari orang awam. Padahal dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita selalu menggunakan uang. Usia 18-25 tahun saat ini merupakan usia produktif yang sudah mulai bekerja dan memiliki penghasilan namun tidak didampingi oleh pengetahuan tentang keuangan dengan benar. Jadi diperlukan media yang menarik dan interaktif untuk mengedukasi usia dewasa muda ini tentang mengelola keuangan dengan benar, yaitu lewat board game. Board game ini akan mempelajari tentang pemahaman dasar mengelola keuangan yang benar dengan mudah, yang juga akan mengenalkan pemain ke beberapa instrumen keuangan seperti asuransi, reksadana, dan saham. Diharapkan setelah bermain board game ini jadi lebih mengerti tentang mengelola keuangan dan pentingnya memiliki dan mencapai tujuan keuangan.